Berikut ini adalah beberapa Cara
Merawat Motor 4 Tak menurut pengalaman saya memiliki Motor 4 Tak :
- Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat penting
peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti setang seher, seher,
dan ring seher, kruk as serta noken as atau setang klep.Jika keberadaan minyak
pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang,
maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodik dan gunakan merek oli sesuai
dengan rekomendasi pabrikan.
- Cek Kondisi Aki
Jangan dibiarkan air accu melewati
batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada
sel-sel accu. Tambahkan air aki pada pagi hari
Selain itu, jika baterei atau accu tersebut
sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub
positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut
akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke
saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.
- Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu
kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari
girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga
kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa
tiba-tiba putus.
Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil
yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah
terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya
diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk
kelancaran satu mesin kendaraan.
- Perhatikan Selang Bensin
Komponen lainnya yang perlu
diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin
mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi
sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang
terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai
bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.
- Panaskan Mesin Paling Lama 5 Menit
Panaskan mesin sebelum motor
dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-5 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa
melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama
memanaskan, karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi
buang-buang bensin.
- Gunakan Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas
dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi daya tahan
kurang. selamat merawat motor.
Mungkin
sekian dulu informas sederhana saya mengenai otomotif ini.Dengan cara – cara
diatas,alhamdulillah Motor saya bertahan selama 8 Tahun tanpa kerusakan apapun
apalagi sampai yang namanya turun mesin.Semoga teman – teman dapat mengambil
hikmah dari artikel saya mengenai Cara
Merawat Motor 4 Tak.
0 komentar:
Posting Komentar